Monev Dana Desa Tahap 2

Ubaidillah AT 12 Desember 2017 22:32:25 WIB

Desa Wonosari dapatkan Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Kecamatan Wonosari, Selasa (21/12) pagi. Tim dari Kecamatan yang dikomandoi oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kasi. PMD) Suindartini, S,Sos., M.Si dan Kepala Seksi Tata Pemerintahan (Kasi. Tapem) Wijayadi, S.Sos datang bersama dengan staf masing-masing serta pendamping desa.

Kegiatan ini merupakan hal wajib yang dilaksanakan pada menjelang akhir tahun anggaran, untuk memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari APBDES terutama dari Dana Desa sudah dilaksanakan dengan baik. Jangan sampai tidak terlaksana, apalagi sampai timbil masalah / temuan.

Kegiatan monev diawali dengan monitoring kegiatan fisik yang sudah dilaksanakan. Tim Monev didampingi Sekretaris Desa (Ubaidillah AT) dan Kepala Seksi Kesejahteraan (Rohmanto) mengunjungi dan melihat 2 lokasi, yakni kegiatan Rehabilitasi Jembatan Desa yang ada di Padukuhan Jeruksari RT 13 dan kegiatan rehabilitasi jalan lingkungan yang dilaksanakan di Padukuhan Madusari RT 05.

Untuk kegiatan Rehabilitasi Jembatan, hasil dari monev mendapatkan apresiasi, tidak hanya karena hasil pekerjaanya bagus tetapi pengembangan dari hasil swadaya masyarakat-nya luar biasa. Seperti yang disampaikan oleh Kasi Kesejahteraan, sebenarnya pekerjaan rehabilitasi jembatan ini hanya di badan jembatannya, tetapi setelah jadi, sisi jembatan utara dan selatan lebih tinggi dari permukaan jalan, akhirnya diputuskan pengembangan untuk nguruk sisi jembatan agar tingginya sesuai, minimal bisa dilewati kendaraan. Didapat masukan bahwa akan lebih bagus di tahun mendatang jika talud sungai juga dianggarakan untuk dibangun.

Selanjutnya melihat hasil pekerjaan Rehabilitasi Jalan Lingkungan Cor Blok, "hasil campuran 1:2:3 nya bagus, pekerjaannya rapi, tetapi masukan untuk memikirkan bagaimana aliran airnya", ujar Kasi PMD. Kepala Seksi Kesejahteraan menjawab bahwa dibawah badan jalan ada selokan tertutup, sehingga di beberapa titik corblok diberi lubang aliran air ke bawah. Selesai melihat hasil kegiatan fisik, tim dan rombongan kembali ke desa untuk melihat administrasinya.

Setelah beberapa saat mencermati administrasi dan laporan, secara garis besar tidak ada masalah, tetapi diharapkan untuk selalu meningkatkan kinerja demi kebaikan bersama.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Fanspage

Halo Pemdes

>WhatsApp Desa Wonosari

Informasi Cuaca

WONOSARI INFORMASI CUACA

Lokasi Wonosari

tampilkan dalam peta lebih besar