Gelar Potensi Desa Rintisan BUdaya 2018

Administrator 22 Oktober 2018 09:19:29 WIB

Gelar potensi Rintisan Desa Budaya yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah berakhir. Dalam acara tersebut sebanyak 14 desa unjuk kebolehan di alun-alun kota Wonosari. Selama 4 hari lamanya dari tanggal 17 hingga 20 Oktober panggung utama dalam acara ini tidak pernah sepi. Sejumlah desa menampilkan berbagai tari-tarian, ketoprak dan kesenian lain. Desa Wonosari menampilkan Reyog Putri Kencana dari Padukuhan Jeruksari Desa Wonosari, dan penampilan Dalang Cilik Mahening Arya Abilowo, putra dari Agus Sunarto, S. Sn warga Padukuhan Jeruksari Desa Wonosari.

Selain itu pemerintahan juga mendirikan stand untuk memfasilitasi desa guna memamerkan produk Kuliner Aneka Olahan Jajanan Pasar oleh Ibu Ibu PKK Desa Wonosari yang diketuai Oleh Ibu Suguyarti, Aneka Olahan Walang oleh Bapak Pangadi Padukuhan Gadungsari, Aneka Olahan Peyek SARI MENIR oleh Bapak Suprapto dari Padukuhan Gadungsari, Aneka Oleh oleh Khas Gunungkidul dari Bakpia Murni 101 dari Padukuhan Pandansari, Pengobatan Tradisional berupa Olahan Jamu Tradisional Godhog BREGAS Ibu Sutarini dari Padukuhan Gadungsari, Totok Punggung dari Bapak Widodo Padukuhan Tawarsari, Terapi Energi oleh Bapak R. Hery Suryanto dari Tawarsari, Terapi Listrik dan Reiki, Gurah oleh Bapak Ruswanto dari Padukuhan Jeruksari, Kerajinan Batik Yang ada di Padukuhan Purbosari yang Diketuai oleh Ibu Nunuk Sukarni, S.Pd, Lukis Api karya Sujarwadi dari Padukuhan Gadungsari, Tosan Aji dari Forum pelestari Tosan Aji Desa Wonosari. 

Agus Kamtono, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul berharap adanya kegiatan seperti ini akan menambah kepedulian, kesadaran dan kreatifitas masyarakat dalam melestarikan dan mengembangkan seni, adat dan nilai nilai budaya yang ada di dalam kehidupan masyarakat.

"Desa yang memperoleh juara akan mendapatkan uang pembinaan," tutur Agus Kamtono, Hasil gelar potensi Rintisan Desa Budaya Kabupaten Gunungkidul tahun 2018 meliputi Juara I Desa Petir, Kecamatan Rongkop, Juara II Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Juara III Desa Kepek, Kecamatan Saptosari, Juara IV Desa Pundungsari, Kecamatan Semin, serta Juara V Desa Ngleri, Kecamatan Playen. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Fanspage

Halo Pemdes

>WhatsApp Desa Wonosari

Informasi Cuaca

WONOSARI INFORMASI CUACA

Lokasi Wonosari

tampilkan dalam peta lebih besar